Cara Inisiasi Menyusui Dini Setelah Kelahiran

Cara Inisiasi Menyusui Dini Setelah Kelahiran

Cara inisiasi menyusui dini-Bunda pasti sudah sering dengar kan mengenai Inisiasi Menyusui Dini atau yang sering kita sebut sebagai IMD? Apa dan bagaimana sih sebenarnya IMD itu? Nah, kalo bunda pingin tahu lebih lanjut, yuk kita bahas di sini ya bunda!

Pengertian IMD adalah proses di mana bayi dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan. Jadi dalam proses ini insting bayi untuk menyusu kepada ibunya terlihat. IMD sendiri juga memperkuat ikatan (bonding) antara ibu dan bayi dengan bersentuhan kulit secara langsung (skin-to-skin). Tentunya hal ini menjadi momen yang sangat berharga bagi bunda ya, untuk pertama kalinya bunda dan bayi yang selama 9 bulan bunda kandung dapat bersentuhan dan berdekapan secara langsung. Dan melihat bayi menyusu kepada bunda akan membuat bunda semakin terharu dan lupa akan rasa sakit menjelang dan pada saat persalinan, dijamin deh!

Cara Inisiasi Menyusui Dini

Setelah bunda tahu apa itu IMD, penasaran kan, bagaimana sih prosesnya ?

Tahap pertama adalah tahap penyesuaian, pertama-tama bayi diletakkan di atas dada bunda, bayi akan diam beberapa saat, ini akan berlangsung selama 30 -45 menit. Bayi akan terlihat mengamati bunda dan keadaan sekitar, bayi berusaha menyesuaikan kondisi yang tadinya berada dalam kandungan, kini telah hadir bersama bunda ke dunia yang sesungguhnya.

Setelah menyesuaikan diri, bayi akan mulai mencium, mengeluarkan suara, serta mulai menjilat-jilat tangannya. Bayi akan mencium dan menjilat air ketuban yang tersisa di tangannya dan mulai mencari puting bunda. Aroma air ketuban yang masih menempel di tubuh bayi sama dengan aroma cairan yang dikeluarkan oleh puting bunda. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengeringkan tangan bayi yang baru lahir karena aroma air ketuban lah yang menuntun bayi untuk mencari puting bunda.

Setelah berusaha mencari puting bunda, bayi akan mengeluarkan air liur dan akan bergerak ke arah puting bunda. Bayi akan mulai menjilati kulit bunda dan tangannya meremas puting dengan tangannya. Setelah bayi berhasil menemukan puting, bayi akan mulai membuka mulutnya dan mulai menyusu. Bayi akan menghisap puting bunda hingga ia merasa cukup dan melepaskannya sendiri. Tentunya momen ini adalah momen yang sangat menakjubkan bagi bunda.

IMD merupakan momen serta tahapan yang cukup krusial dalam membentuk keterikatan antara bunda dan bayi, jadi sebisa mungkin jangan lewatkan momen ini ya bunda.

Apabila perlu, bunda konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum proses persalinan, dan pastikan bunda menjalani IMD setelah proses persalinan selesai, jika kondisi bunda dan bayi memungkinkan.

Itulah tadi sedikit ulsan mengenai cara inisiasi menyusui dini setelah kelahiran. Semoga bermanfaat ya, bunda! Tunggu artikel mengenai IMD yang selanjutnya ya..

Oh iya Bunda, saya yakin Bunda tak mau ketinggalan untuk menyimak review makanan pelancar asi/asi booster dari saya. Ini banyak ditanyakan lhoh. Klik link di bawah ini ya Bun

Leave a Reply